ENGGAK BISA!

Image

Wow sudah satu tahun lebih tidak menulis di sini. Apakah masih ada yang membaca blog?

Eh tapi ya saya menulis disini karena saya sangat suka menulis, apalagi menulis panjang. Meski hari gini profil pembaca lebih banyak yang mengalami kesulitan menikmati tulisan panjang, tapi enggak apa. Saya senang menulis, maka saya menulis. Itu aja kok.

Kalau dibaca dan bermanfaat, mangga.

Oh ditambah saya sekarang jadinya lebih sering menulis di laman Instagram, tentu dalam versi yang lebih ringkas, karena dibatasi hehehe..

Namun beberapa waktu silam, saya sempat terpikir. Kok kayanya sudah lama saya enggak menulis di blog, padahal saya suka sekali melakukannya. Belakangan saya sering didaulat menjadi pembicara, dan sepertinya saya jadi berubah Haluan. Padahal enggak. Kalau ada yang memerhatikan cara saya bicara, saya selalu bicara dengan alur seperti alur menulis. Hehe karena basicnya memang menulis.

Nah, hari ini saya mau cerita soal “Enggak bisa!”

Karena beberapa waktu lalu saya mengalami kejadian yang membuat saya merasakan hal ini…

**

Saya paling sebel sama orang yang bilang “Enggak bisa!” Karena saya enggak percaya ada yang engggak bisa di dunia ini. Pilihannya antara gak mau atau males.

Tapi apa sih definisinya?

Iya, maksudnya “gak mungkin gak bisa” itu bukan maksain ikan manjat pohon atau serigala terbang. Tapi gak bisa yang cocoklogi. Seperti misalnya “Gue emang introvert jadi gue gak bisa ngomong di depan orang banyak” atau “Gue kan sanguin maka kamar gue ya gak bisa rapi”

Ah itu mah males aja.

Gini, gimana kalo kita liatnya dari big picture ya. Goals nya apa? Kalo goals nya tu ikan harus sampe ke atas pohon, maka kita bisa cari cara yg bukan maksain ikan itu manjat. Kan bisa pake alat. Bikin katrol yang bawa ikan sama airnya sampe ke atas pohon, misalnya. Tinggal taro di dalam kotak isi air dan naikin deh ke atas pohon.

Gitu lho.

Jadi, ada nih orang kaya saya yang emang senengnya melihat sesuatu dari big pictures, mapping, riset, bikin konsep. Tapi begitu barangnya jadi dan harus bikin event, saya nyerah. Bukan apa, event itu kan detailing ya prosesnya. Saya gak tahan. Saya gak sabar dan saya bosen bikin gituan. Saya senengnya ngide.

Nah trus itu namanya gak bisa dong min? Ya bisa. Apa iya kalo saya bisa ngonsep trus event nya jadi gak jalan? Ya enggak.

Disinilah masuk kolaborasi. Makanya hidup jangan perkara kompetisi aja, tapi kompetensi dong. Kompetensi saya adalah ngonsep. Saya ngerjainnya sama Dhani yang kompetensinya detailing. Jadi abis Saya ngonsep, mangga Dhani detailing. Gitu lho.

Mau pake analogi ikan? Ya bisa. Misalnya goalsnya ngumpulin sampah di satu hutan. Ya bagi tugas aja dong. Nyet, lo ambil sampah di atas pohon. Ikan, pungutin yg ada di air. Serigala, ambil yang ada di gua. Kumpulin deh. Berhasil gak? Ya berhasil dong.

(Langsung kepikiran bikin cerita anak hauahahahaha)

**

Ya kalo pikirannya kaya sistem sekolah jaman dulu, akhirnya maksa. Semua harus bisa semua. Ya gak gitu konsepnya. Yang dikejar apa? Goals kan? Ya bagi tugas. Makanya project-based itu penting. Bukan cuma grade-based.

Karena kalo idup perkara grade-based maka kita akan bikin soal ujian yang sama dan semua orang harus ngerjain hal yang sama. Padahal kalo kerja, ada bagian masing-masing. Enggak kepake kan grade yang harus sama terus itu?

Ujungnya tetep goals. Bagian marketing, bagian keuangan, bagian sales, bagian operasional, hrd, semua harus ngerjain bagiannya masing-masing dan goalsnya bisa tercapai. Main bola aja bagi-bagi tugas. Ngapain kiper jadi striker, gawang ga ada yang jaga dong.

Lalu apa si introvert bisa disuruh ngomong depan orang banyak? Bisa. Tapi dia pasti gak suka.

Kalo bisa kolaborasi kenapa enggak? Introvert yg bikin konsepnya, yang ngomong ya mereka yang seneng ngomong. Kalo kepaksa mau gak mau dia harus ngomong? Ya bisa kalo belajar.

Tapi itu dia, introvert, sanguin, sagitarius, INTJ itu kan namanya penyamarataan bukan penyetaraan. Sama lho dengan statement “orang padang pasti pelit” emang semua org padang pelit? Ya enggak.

Yang dimaksud dengan setara itu adalah tailormade. Si A kalo dipaksa ngedetailin, hasilnya selalu jelek. Tapi dia bagus banget kalo harus approach klien. Si B approachnya jelek, tapi bikin MOM bagus banget. Yaudah kerjasama aja, gajinya sama besarnya.

Emang kalo lo bisa ngerjain semua trus lo paling bagus? Itu kan kaya multitasking. Otak manusia gak dibuat untuk multitasking!

Kenapa? Karena dengan kebiasaan multitasking, kita gak mindful. Kita gak pernah presence. Hasilnya pasti gak optimal.

Kalo lagi makan, ya makan aja jangan sambil-sambil. Kalo lagi meeting ya meeting aja jangan sambil whatsappan. Saya sih gak suka kalo lagi meeting trus lawan bicara saya megang hp terus. Ya kaya jadi ibu deh, saya ngerasanya udah nemenin anak dari pagi sampe sore kok, tapi anak saya masih connection-seeker aja.

Coba reflection dulu, pas nemenin anak sambil megang hape gak? Anak tuh gak butuh ditemenin 24 jam kok. Dia kan juga manusia punya kesukaannya masing-masing. Tapi kalau lagi waktu sama anak, ya udah anak aja yang jadi fokus. Bukan ngelayap kesana kemari pikirannya.

Meski cuma dikasih 30 menit sehari tapi full attention, cukup banget lho buat anak. Ketimbang seharian tapi disambil-sambil. Kalau saya harus menyelesaikan kerjaan juga selalu brief anak-anak dan bilang bahwa saya kerja selama 2 jam jangan diganggu. Habis ini saya akan temenin. Gak ada yg gangguin kok anak-anak tuh. Mereka bisa paham, dan tau bahwa saya enggak akan bohong.

Being presence artinya kita juga bisa kenal sama kompetensi kita based on diri sendiri bukan karena cocoklogi.

Iya saya enggak suka detailin sesuatu, kalo dipaksa bisa, tapi saya enggak suka dan pasti hasilnya gak optimal. Boleh ya saya dibantu? Saya percaya, hal Itu akan lebih baik karena kerjasama akan terbangun berdasarkan trust, dan yang penting goals tercapai.

Lagipula, tangan kita itu hanya dua lho. Enggak harus semuanya dikerjakan sendiri. Kenapa juga Allah menciptakan kita dengan mirror neuron? Kenapa juga kita diajarkan untuk empathy dan compassion sebagai mahluk sosial? Ya karena kita memang diciptakan untuk berkolaborasi. Diciptakan untuk saling membantu. Diharapkan untuk meminta bantuan, dan memberi bantuan. Enggak ada yang salah dengan itu..

**

Saya dan Poe juga gitu. Kalo saya ngabarin dia “Anak lo kerongkongannya kesedek sedotan, jadi sekarang gue lagi UGD ya ngecek..” atau “Anak lo muntah-muntah nih” apa dia ngebut pulang? Enggak. Tapi kalo saya bilang “Helep anak lo patah hati, gue gak tau harus ngomong apa” dia langsung ngebut pulang.

HAHAHAHAHAHAHA

Ya karena dia tau, bininya ini bodoh banget aja urusan romantic relationship (kapan2 deh saya ceritain). Jadi dia tau ini urgent. Kalo urusan luka, atau sakit, dia tau saya bisa handle. Maka dia santai aja. Hehehehe…kocak kan? Tapi ya itu namanya bagi tugas. Kompetensi saya ada di hal-hal yang kaku. Karena saya akan langsung tau solusi dan saya punya toolsnya.

Sementara urusan perasaan, saya banyak begonya. Ya dia tau saya gak bisa, maka dia yang handle. Enak lho kaya gitu. Artinya dia percaya sama saya. Maka saya merasa mampu dan bisa berpikir jernih. Tapi saat gue emang enggak bisa, dia pulang, dan saya juga senang karena saya tau, saya enggak sendirian membesarkan anak.

Bukan karena cocoklogi. Tapi karena kompetensi. Bukan mementingkan kompetisi. Tapi mendahulukan koneksi.

Karena hanya dengan koneksi, kita tau banget kapasitas orang ada dimana. Kita tau, kita bisa bantuin dimana dan kita tau, kapan kita bisa percaya. Itu, yang namanya: setara.

**

Close-up of hands tearing the word on paper, I Can’t become I Can.

Jadi ada yang gak bisa? Enggak ada. Semua pasti bisa. Mulai dari goals besarnya apa, breakdown ke objectives, lalu breakdown ke list to do, bagi-bagi tugas dan tentukan deadline. Jangan lupa reflection untuk monitoring dan evaluasi mana yang belum optimal dikerjakan, agar jadi pembelajaran, lalu diperbaiki lagi.

Gak ada yang gabisa. Gak ada nyerah. Kalo capek, istirahat. Kalo sedih, nangis. Kalo bosen, cari hiburan. Kalo kesel, ya kesel trus regulasi diri.

Habis itu? Jalanin lagi. Saya memilih untuk meminimalisir drama. Saya percaya, mendingan breakdown goals sebelum mental breakdown.

Ya gak?

Sip!

Leave a comment