Bayi Bau Tangan, Trus Kenapa?

Gallery

“Jangan kebanyakan digendong lah, ntar anaknya bau tangan loh!” gitu pesan orang2 pas nengokin ke rumah sakit.

Apa itu bau tangan? Hehehe…bau tangan itu adalah istilah yang dipergunakan buat anak2 bayi yang terlalu demen digendong. Nangis, tidur, anteng, maunya digendong. Seringkali disebut, anak manja. 😀

Yah, macam si abib lah. Awalnya, saya dengerin kata2 itu. ditambah dengan nasihat2 macam: “Biarin aja, biar dia bisa tidur sendiri, jangan digendong melulu.” “Kalo bangun nangis jangan langsung disamperin trus digendong, biarin aja dulu” “Bayi kan juga harus mandiri” “Kalo baru lahir sih masih enteng, rasain aja entar udah lewat 3 bulan” “Entar ibunya jadi enggak bisa ngapa2in loh, bayinya gabisa ditinggal” dan sebagainya. Karena saya udah bertekad, enggak mau punya anak manja! *kepalkantangan

Ditambah lagi cerita sahabat saya yang selalu emoh menggendong anaknya, karena berat. “Ngapain hari gini gendong2, kan ada stroller”. Itu benar. Makanya, sebelum melahirkan, saya utamakan stroller. Alhamdulillah dapet hadiah dari imo @evaephaepaaa lengkap dengan car seat nya. (Makasih loh imo nya Abib yang cantik..hehehe).

Karenanya, Dua minggu pertama sejak Abib lahir, saya berusaha menahan emosih untuk menggendong si bocah. Dia lebih banyak di box-nya. Damai dan tenang. Emang sih santai. Malem juga gak bangun, Cuma sekali lah itu juga menjelang subuh. Jadi saya enggak ngalamin tuh begadang2 yang diceritain orang. Semua berlalu dengan santai.

Seiring dengan berjalannya waktu, si bocah kan mulai melihat, dan mulai punya keinginan. Apalagi waktu itu, bilirubinnya sempet naik jadi 13. Maka, saya harus rajin bangunin dia buat netek. Otomatis ngegendong dia keluar dari box. Mungkin pada saat itu, dia merasa keenakan, dan mulai lah fase “bau tangan” itu. Jadi si Abib mulai susah ditaro begitu aja di box, sejak usianya jelang sebulan. Tapi saya beneran enggak tega kalo harus membiarkan dia nangis. Gawat nih, pikir saya, karena merasa telah melakukan kesalahan. 😀

Akhirnya, saya baca The baby book-William sears dan Martha Sears. Ternyata, saya enggak salah. William sears itu dokter anak, dan mereka berdua punya delapan orang anak. Dari buku yang terdiri dari lima seri itu, semuanya mengutamakan quick response dan pentingnya menggendong. Mereka menyebutnya sebagai “Gaya pengasuhan penuh kasih”. Aha! Jadi, di AS, sampai sekarang pun, masih menganut paham bahwa menggendong dan quick response akan mengakibatkan anak menjadi manja.

Buktinya, seperti yang saya baca di Raising your child nya Dr Oz, dijelasin bahwa dengan bergegas menghampiri anak yang menangis, anda akan merampas kesempatannya untuk menenangkan diri. Bukan hanya itu, ia juga akan belajar bahwa rewel dan menangis adalah cara yang ampuh untuk memaksa anda bergegas menghampirinya dan memerhatikannya—suatu kebiasaan buruk yang tidak ingin anda teruskan.

Hal ini yang bertentangan dengan pendapat Sears. Menurut Sears (kok lama2 saya berasa lagi nulis skripsi ya? Hahaha…), para bayi, bukanlah kelompok yang harus dipaksa untuk mandiri. Ya, emang belom bisa. Tangisan dan rewelnya bayi, bukanlah kelakuan buruk dan tidak disiplin. Karena, bayi, belom bisa bicara, bisanya Cuma nangis. Gimana coba cara mereka minta bantuan? Ya kan? Nah,bayi menangis dan tidak ditanggapi, tidak akan menjadi anak ‘baik’ (walaupun mungkin mereka akhirnya diam), dia akan menjadi bayi yang kecil hati.

Dia akan mempelajari satu hal: bahwa dia tidak dapat berkomunikasi atau tak percaya kalau kebutuhannya akan terpenuhi. Selain itu, soal menggendong, Sears punya hasil penelitian (yang Dr Oz gak punya), bahwa bayi yang digendong, jarang nangis. Jadi gak ngerepotin. Bayi yang jarang nangis, otomatis lebih bahagia, dan juga lebih cepat tumbuh dan berkembang. Soalnya energi yang dipergunakan untuk menangis, digunakan untuk tumbuh dan berkembang.

Abib, yaaah, lumayanlah gede nya. Hehehehe…

Poinnya, adalah, seorang bayi, harus melalui masa ketergantungan yang sehat. Jadi nantinya, justru, mereka akan jadi orang yang mandiri. Hebat ya? Justru, dengan kita menanggapi tangisannya, menggendongnya, tidur sama si bayi, di masa yang tepat, dia akan tumbuh jadi orang mandiri. Sears juga bilang: bayi yang merasa nyaman, akan bertindak dengan benar. Artinya, bayi yang merasa isyaratnya dapat dibaca, diitanggapi, merasa terhubung dengan orangtuanya, dihargai dan dipercaya.

Saya belum pernah baca atau tau soal menggendong bayi, dan perawatan bayi versi islam. Tapi saya yakin sih, agama itu lembut dan cerdas. Jadi, rasanya, hal-hal yang terbukti membuat sesuatu yang baik pasti akan diutamakan, ya? Sebenernya, menggendong, merupakan budaya lokal kita. Kearifan lokal, yang mulai ditinggalkan. Mungkin karena banyak nonton felem hollywood?Hehehe..karena di buku sears aja ditulis bahwa Indonesia, merupakan salah satu negara yang penduduknya selalu menggendong bayi2 mereka. Eh, actually, Bali sih yang ditulisnya.

Hehe. Kebanyakan, digendong dengan kain jarik. Kaya ibu mertua saya, kalo lagi ngegendong Abib.

Kalo saya, OGAH. Berat kali, kaya bawa tas selempang. Hehehe. Sementara mamah, dan Poento, lebih suka ngegendong Abib biasa aja, diayun2. Karena, kalo mamah, nge gendong abib biasanya sambil nyanyiin lagu2 sunda, which is Abib demen banget.

Nah, kalo Poento, gak pernah nyaman pake gendongan apapun. Dia selalu ngerasa, Abib paling aman kalo ada di dekapan tangan dan perutnya yang gendut itu.

Saya? Tentu saja sleepy wrap!!!

Awalnya, dikasitau sepupu, waktu masih hunting barang bayi. Waktu itu, kita belanja di MIVI, Bandung. Sleepy wrap yang dijual disana, merk nya hanaroo. Akhirnya saya beli lah. Walaupun saya enggak yakin juga bisa make nya, karena ngeliat buku petunjuknya, kok kayanya RIBET banget ya. Lagian, sebelumnya saya udah beli gendongan Mothercare yang bentuknya kaya ransel ini:

Saat abib udah lahir, semua gendongan itu saya coba. Dan yang paling nyaman buat saya, tentu saja yang nyaman juga buat abib adalah si Hanaroo. Ditaro disitu, dia pasti tidur dengan tenang dan damai. Saya juga jadi bebas mau ngapain aja, sambil tetap nge gendong Abib. Bisa sambil makan, bisa sambil belanja. *eh hehehe..sampe beli dua Hanaroo saking seringnya dipake. Saya bahkan juga feel free untuk jalan-jalan sendirian, paketnya Cuma bayi, sleepy wrap dan tas kulit selempang isi baju dan popok. Nyaman.

Gak lama, saya juga dapet hadiah sleepy wrap yang mereknya Boba wrap, warna ORANGE dari sahabat saya, iwan. Bahannya emang beda, tapi rasanya ya 11:12 lah, sama aja. Cuma karena orange, jadi lebih asik aja gitu makenya.

Kelemahan sleepy wrap ini, adalah, kalo dicuci lama keringnya. Jadi, kalau sering dipake, minimal harus punya 2 buah. Kelemahan lain adalah: Jadi bahan tontonan kalo di tempat umum plus jadi bahan kekhawatiran orang-orang tua yang tidak mau menerima perubahan. Hahahaha…”Itu kakinya gapapa?” “Itu lehernya gapapa?” “Sesak gak sih nafasnya?” “Aduh kok ngeri amat? Gak takut jatuh” bla bla bla. Saya bahkan pernah diminta jadi model, memperagakan cara bikin sleepy wrap, di sebuah mol.

Jadi ceritanya, ada nenek2 yang punya sleepy wrap. Dan penasaran kepengen make-in itu gendongan, ke anaknya, buat gendong cucunya. Tapi gagal maning. Karena khawatir, kelamaan coba2, jadi cucunya malah nangis. Pas ketemu saya di mol ini, dia langsung nyamperin dan minta saya peragain. Hedeeh..

Eniweeei, apapun gendongannya, rasanya menggendong, quick response, tidur sama bayi, merupakan hal yang paling bener. Karena bayi, emang belum bisa ngapa2in. Kalo udah terlanjur punya stroller, tenang aja. Ntar juga kepake. Saya pake stroller dirumah, buat naro Abib biar aman, sementara saya harus ngerjain hal-hal lain. Kadang2 stroller juga saya bawa, terutama kalo bawaannya banyak dan ribet. (bawa kamera, bawa laptop, dll).

Menggendong emang PEGEL! Punggung dan kaki sakit2, kaya waktu hamil. Tapi, anak kan cepet gede. Coba deh, berapa lama sih nge gendong anak? Begitu bisa jalan, dia udah lari kesana kemari. Habis itu sekolah. Tiba2 kuliah. Trus kawin (visioner hahaha..). Intinya, mumpung masih bisa digendong, ya digendong aja. Takut nyesel.. Disiplin, menurut saya, rasanya bisa diterapkan pada hal lain. Misalnya keteraturan jam tidur dan bangun, kebiasaan mandi dan bersih, atau membiasakan baca buku dan tidak nonton TV sejak bayi.

Disiplin, bukanlah sesuatu yang harus dikerjakan anak, tetapi sesuatu yang kita kerjakan BERSAMA anak. Dan hal itu dimulai dengan memperkenalkan dan membantu anak untuk merasa telah diperlakukan dengan baik. Kata Dr Sears, disiplin itu, adalah hubungan orangtua-anak yang dapat diringkas menjadi satu kata : kepercayaan. Anak yang mempercayai tokoh pemberi otoritas, akan lebih mudah melaksanakan disiplin.

Anak yang merasa dicintai, lebih mudah untuk disiplin… insyaAllah.. 😀

48 responses »

  1. Pingback: Beralih ke Boba Carrier 3G « My -FreeTime- Writing Domain

  2. setujah.. 😀
    idem pemikirannya..
    trus kalo bau tangan kenapa? anak2 gw kok.. 😀
    aq jg lbh nyaman wat gendong faqih (2m1w), fast response kalo dy tiba2 nangis, kadang kalo dibawa ngaji jg biarpun faqihny tidur aq tetep mangku dya..walau ibu2 lain kadang bilang “nanti bau tangan lho” sabodo teuinglah..
    kita az seneng kalo qt nyaman apalagi anak bayi..

  3. Alhamdulillah ada yang sepemikiran… Saya juga lagi seneng-senengnya gendong Edgy (3m1w), malah seringnya gemes kalo liat dia lagi main di kasur bawaannya pengen gendong melulu. Saya mikirnya, saya kerja sekian jam pisah ama dia, jadi wajar aja kalo lagi di rumah saya pengen puas-puasin gendong Edgy, hehehe… oiya Mbak, kalo gendong pake kangaroo wrap dengan kaki bayi keluar dari gendongan amannya mulai kapan ya? Edgy udah mulai nggak betah dengan posisi newborn kayaknya, tapi belum berani ngeluarin kakinya dari gendongan 😐

    • hehehe nge gendong emang nyenengin yaaa. siap2 aja banyak pijet kalo nanti udah berat…:D
      btw, dulu abib kakinya dikeluarin pas 4 bulanan deh kayanya. aku juga deg2an awalnya, tapi ternyata dia baik2 aja kok…

  4. Bener bgt mba,,
    Rasanya nyaman bgt klu gendong dedek bayi 🙂
    Mba pke sleepy warp dri bayi usia brp?
    Anakku 1,5 bln udh bsa di gendong pke sleepy warp blm ya mba?

    • dari newborn, hehe…kakinya dimasukin ke dalem, jadi gak dikangkangin. Enak tuh dia, nyaman banget. Belajar masukinnya pelan2, jangan panik. Biasanya bayinya ikut rewel kalo kitanya bingung,,,hehehe

  5. mbk pakai hanaroo kalo leherr bayi blm tegak menopang kepala pakai yg posisi apa ya? pas baru newborn pakai hanaroonya dutekuk jadi 2 nggak?Foto mbk yg pakai hanaroo item Dan biru

  6. Mba..anakku kalo siang klo tidur digendong bs lama tidurnya..Tp kalo ditaruh dikasur sebentar2 bangun. Duly Abib gt jg ga sih? Anakku baru mw umur 3bln. Oiya, aq jg udah bli hanaroo hbs baca tulisan mba…Tp anakku lucu..mintanya dgendong Tp pas lg dibenerin Kain gendongannya malah nangisnya semakin kenceng, Jd hanaroo nya blm kepake krn dia usil kakibya bgt klo lg nangis Jd ga bs dpt posisi yg pas saat dpake hanaroo

    • hehehehe abib juga suka gitu, kecuali kalo tidurnya ditemenin. jadi aku lebih sering berkegiatan di kamar, nonton dvd atau baca buku sambil nenenin. atau kalo bosen ya nenenin di ruang tengah sambil nonton. emang ga lepas sih mbak…
      tapi pas dia udah mulai merangkak, enggak gitu2 amat kok. akan ada masanya dia mulai mau sendiri. sabar aja, nanti malahan kangen kok kalo dia udah mandiri..

      soal hanaroo sih awalnya abib juga gt, tapi lama2 dia betah banget dan yaudah nempel aja terus di gendongan kapanpun kemanapun sampe umur 10 bulanan.

  7. Keseringan digendong buat perkembangan motorik kasarnya terlambat bunda. Anak jadi blm bisa tengkurap walau udh 4 bln. Krn otot2 nya jarang dilatih.

    • hai mbak,

      dalam tulisanku ini sebenarnya intinya adalah menjadi orangtua yang responsif. menggendong sebagai tindakan yang memerhatikan kebutuhan bayi akan kasih sayang.

      sebagai imbalannya, bayi akan lebih tenang, dan energinya tidak habis krn menangis dan berusaha menenangkan dirinya sendiri. otomatis, saat-saat santai dan bermain, bayi akan lebih mudah tenang dan ceria. begitu juga saat dilakukan stimulus untuk melatih motorik kasarnya..

      rajin menggendong, ya bukan berarti melupakan kegiatan stimulus. tulisan ini saya buat untuk menguatkan hati banyak orang, yang capek dengan kata2 ‘bau tangan’, kemudian mengabaikan rasa cinta dan waspada karena mendengar tangisan bayi. apalagi newborn.

      alhamdulillah, dari pengalaman saya, abib enggak ada masalah dengan perkembangannya. semua sesuai milestone, dan terbukti benar, di usia 3 tahunnya ini, dia adalah anak yang mandiri, ceria dan percaya diri.

      btw, tapi terimakasih atas remindernya. mungkin harus saya tambahkan soal ini di tulisannya. hehehe…

  8. halo mbak, aku masih belum ngeh dengan cara gendong newborn pake sleepywrap gini… apakah posisinya sama kayak kalo gendong pake jarik? kakinya selonjor semua? atau malah ditekuk ?
    dulu pernah nyoba ke babyku, kok susah yaa…vakhirnya malah kakinya kuselonjorin ke bawah.. hehehe..

    • aduh susah juga ya kalau harus dijelaskan disini. hehe..tapi mungkin bisa gugling2 dan nemu tutorialnya. Biasanya di tas atau kardus gendongan saat beli, sudah dilengkapi dengan petunjuk penggunaan kok. dicoba aja pelan2. semoga sukses ya..

  9. Hai mba! Salam kenal 🙂
    Kebetulan (atau memang ditakdirkan haha..) saya sedang mengalami masalah ini, dimana banyak yang ngomong “anaknya bau tangan” yang bikin dongkol. Tapi jadi pede dan semangat lg setelah baca ini.
    Nama abib Langit ya? Kebetulan lagi nama anakku juga hihi.. thank you for the insightful article!

    • Hehehehehe…halooo!!! iya emang orang akan selalu punya cara untuk ngomentarin yang bikin kita jadi drop ya? Tenang aja mbak, u are not alone. Semangaaattt…btw iya namanya langit, wah sama ya? kapan2 mereka harus ketemu doong…hehehe

  10. Bagus bgt sharingnya dan menambah sena gat serta percaya diri untuk ga percaya sama yang namanya “bau tangan”. Makasi yaaa…😍

  11. Halo mbak salam kenal..

    Ini yg lagi aku alamim sekarng mbak..kalau tidur siang maunya digendong,begitu ditaruh langsung bangun ato di ayun2 di baby bouncer..
    Tapi kalau malem anakku pules,bangun cuma minta susu..

    Aku pernha baca2 katanya itu bisa menghambat tumbuh kembangnya..misal jd telat tengkurep dll..

    Bener nggak sih mbak?soalnya aku ngerawat sendiri jd kadang sampe makan kondisi gendong,mandinya ala kadarnya aja😅

    • hai elysa, kalau sudah usianya siap merayap-merangkak-berdiri, ya alokasikan waktu aja untuk membiarkan dia eksplor kemampuan2 barunya itu. di tulisan ini aku lebih ke bayi dibawah 4 bulan yang belum bisa apa2. Karena biasanya kan 4 bulan dia mulai bisa membalik badan sendiri. lagian nanti juga dia minta turun sendiri kok kalau sudah bisa macem2. hehehehe…pengalamanku sih, anakku usia 11 bulan juga sudah bisa berdiri dan mulai melangkah kok. So gak ada masalah dengan tumbuh kembangnya. Santai aja mbak, kadang ikutin intuisi aja kan yang paling kenal sama anaknya ya ibunya. Pasti bisa kok…

  12. anak sy jg gitu waktu umur segitu..
    krna sya ngurus anak sediri.. imbas’y sekarang anak sya Alifiandra(9m2w)
    anak sama sekali ga mau di tinggal..
    ga mau sma orang lain ga..
    klo sya tidur dy anteng maen sendiri, tp klo sy bangun dia langsung ngerangkul kaki sya.
    krna ank sya dh belajar jalan jd dy peluk kaki sya trus smbl sy jlan..
    kan repot klo mau pipis/bab..
    klo umur segitu digendong kan diem aja.. tp klo ank sya ya mau’y turun main ditemenin mama’y..jd kita ga bisa ngapa-ngapain..
    klo ada solusi tlong share

    • halo mbak…
      hehehe, aku sih sebenernya bukan psikolog anak ya. Tapi aku share aja yangg aku tau. Mungkin Mbak Retno harus perhatiin hal lain deh. Misalnya attachment yang terjadi selama ini. Atau apakah dirumah ada perubahan besar, misalnya ada yang sakit, atau meninggal, atau ayahnya belakangan sibuk. rasanya yang dialami anak mbak retno ini gak terlalu berkaitan dengan menggendong deh. Coba mungkin bisa baca tulisan saya yang mengenai perkembangan bayi 0-2 tahun. Atau coba konsultasi dengan psikolog. Karena dalam ngurus anak banyak sekali aspek yang harus diihat, dan gak bisa menilai dari satu kemungkinan aja, mbaknya..Hehehehe…semoga membantu yaaa

      • Wah. Hari ini saya baru. Mulai ngalamin…anak saya umur 40 hsrii nggak mau tidur dari jam 9 pagi..tiap diitaruh nangis , tidur baru 30 menit dah bangun..pdhl kemarin masih. Baik2 aja..td uudah saya cheeck nggak sakit, badannuua jugga nggak panas..kok bisa ya tiba2 aja jadi gendongan..baru. Bisa tidur jam. Malem, pdhl yg. Saya tau katanya jika nangis didiemin aja dia akan capek senndiri dan tidur..tp kok ini tetep nggak tidur dan betah bgt bertahan melek..

      • halo mbak, boleh deh coba googling atau baca the baby book nya dr sears. Saya juga dapet pencerahannya dari situ. And it always works for me and abib..

  13. Trimakasih ya mom udah berbagi cerita. Sy baru menjadi orgtua 1 bulan. Anak saya biasa disebut org2 sudah bau tangan. Gak mau ditaruh dikasur klo blm digendong sampai pulas. Tp syelah baca bloh mommy ini sy ngerasa lbh tenang. Sy cm tkut ada gejala lain yg dirasa anak sy krna mau nya digendong terus.

    • halooo mom, iya sama2. Seperti yang slalu saya sarankan, ada baiknya baca buku the baby book nya dr sears, atau sesekali konsultasi dengan psikolog anak biar lebih spesifik. Karena setiap anak kan berbeda ya…

  14. Anakku juga begitu bund kalo nangis maunya digendong trus sampai tidur pun maunya digendong cuma ya gtu dia paling anti digendong pke kain atau gendongan lain jadii kadang suka ada rasa jengkel sendiri soalnya saya jauh dri orangtua bun😂😂:)
    Mau tanya juga nihh anakku usianya 1,5 bulan tiap mnjelang mgrib pastii slalu mnangis kdg smpe adzan isya, solusinya gmn ya bun?

    • Hehehehe…nanti juga ada masanya dia gak mau digendong lagi, bun. disabarin ajaaaa..hehehehe
      wah kalau menangis di waktu2 itu saya gak pernah ngalamin bun. Mungkin bisa diobservasi lagi,

  15. Yesssss satu2nya artikel yg menguatkanku hahaha anakku 15 bulan masih tdur gendong walo kadang skrg dia sendiri yg mulai gak nyaman di gendong (pas mau tdur) jd skrg baru mulai sesekali tdur tanpa gndong tapi tetep diusap punggungnya. Oh iyyaa tapi serius … Anakku sampe skrg jarang rewel n ngerepotin, apalagi kalo d ajak jalan kemana2 gak pernah rewel , klo laper paling ngasih kode emut jari atau kalo ngantuk tdur sendiri dlam gndongan atau d stroller. Perkembangan juga Alhamdulillah baik kok, gak manja, gak rewel , plusss bukan tipe yg rusuh walo aktif banget.

  16. Alhamdulilah nemuin artikel ini. Babyku 1m mb dan krn ak lahiran sc plus pendarahan pula stlh oprasinya. So aku bahkan ngga gerak dr bed RS dan butuh recovery lama.. asi ngga kluar dan akhirnya rewel bgt. Nah sm papanya si dede digendong mulu jd ‘ bau tangan ‘ kebetulan mertua jg tipe gendongan mb.. dede ak suka suka mba, kadang si dede ngga mau digendong. Kdg cuma di ayun aja dipangkuan. Tp yg pasti dia seneng bgt nempel sm mama papanya mb pas bubuk ( tengkurep diatas badan mamapapa ) dan bisa lama bgt kalo udh nempel. Kalo ditaruh dikasur dia sndiri cuma tidur 30menit. Wajar ga ya mba.. ?? Worry 😢

  17. Salam kenal mba..tenang rasa nya hati nemuin article ini..babyku baru 2 bulankalo tidur siang juga maunya di gendong sampe semua.orang bilang bau tangan sih..di biasain sih..tapi saya yakin ada masa nya anak mandiri sendiri..buktinya sekarang di saat terjaga dia lincah sekali..thanks for sharing mba 😊

  18. Anakku bgt bun .. Yg pertama juga bau tangan krna sering bgt di gendong (maklum anak pertama ,gara2 ayh nya yg sering gendong jdi kebiasaan ,yg jd sasarannya ibu nya hehe) tp sesudah merangkak dia jd mles buat di gendong2 ,malah kl lg d gendongan dia pgn turun terus ,ngantuk juga dia tdur sendiri .. Naaahh yg skrg ini anak k 2 ,aku udh ngbrol sama suamiku sebelum dia lahir ‘pokonya nnti kl utun keluar gaboleh gendong2’ tpi gagal maning juga bun ,yaaa seperti anak pertama lgi dia sering rewel ,gapernah anteng kl ditidurin ,susah ngapa2in jadinya ,tpi gpp aku nikmatin aja toh nnti juga kl udh saatnya dia juga anteng sendiri kaya kk nya dlu kl kata orgtua sunda mah (mesat sendiri) hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s