(Review) Sekolah Alam di Bekasi

Gallery

Jumat lalu akhirnya saya sudah jadi berkunjung ke dua buah sekolah alam yang hits banget di Bekasi. Memuaskan rasa penasaran aja sih sebenarnya…hehe
Dan kunjungan ini sebetulnya bukan sekadar kunjungan, tapi PETUALANGAN. Haha..karena saya bener-bener enggak ngerti alamat kedua sekolah yang saya dapat di internet ini.

1. Sekolah Alam Natur Islam Bekasi (SANI)
Jl Swatantra IV RT 007/03, Jati Asih,telp: 021 82412792

Awalnya saya coba telepon sekolah ini, tapi enggak diangkat-angkat. Setelah keliling-keliling, akhirnya diangkat juga. sampailah kami di sekolah alam yang ternyata letaknya enggak jauh dari rumah. Jadi, letaknya ini persis di dekat pertigaan pasar jatiAsih-supermarket NAGA. Kalo dari arah galaksi, kita belok kiri. Enggak jauh dari belokan, sampailah ke SANI.

Disana, saya ketemu sama mbak penerima tamu yang kurang komunikatif. Sarana kehumasannya juga sangat terbatas (kalo bisa dibilang engggak ada). Sebab, mereka enggak punya brosur atau list harga. Saya Cuma dicatatkan jumlah pembayaran di selembar kertas putih mungil.

Untuk Playgroup-TK-SD (kelas 1-3)
SPP Perbulannya: Rp 500 ribu
Uang pangkal: Rp 5,5 juta
Uang seragam: Rp 300 ribu

That’s all.
Kemudian saya meminta berkeliling sekolah.

Tapi sebenarnya saya kurang sreg sama sekolah ini. Karena tampilannya dekil. Heu..
Jadi, gerbangnya beebentuk ruko. Kalo plangnya kecil, mungkin akan saya kira toko bangunan. Sebab, memang wajah nya lebih mirip toko bangunan.

Setelah masuk, LUAS. Iya lah namanya juga sekolah alam masa sempit hehe..tapi tetap terlihat tid0ak terawat. Berbatasan langsung dengan bedeng penduduk sekitar yang membuat saya jadi agak khawatir. Kemudian alat-alat yang tidak terpakai juga teronggok berantakan dimana-mana.

Fasilitas bermainnya cukup banyak, ada playground diatas kolam pasir. Ada berbagai permainan untuk anak-anak. Kelasnya pun di saung, yang dinaungi pepohonan rimbun. Adem banget. Enak buat selonjoran, ketiup angin sampe ketiduran..*eh

Fasilitas olahraganya juga cukup lengkap. Kalo menurut cerita di internet, katanya ada istal kuda. Tapi sayang, mbak yang bawa saya berkeliling lebih banyak diemnya. Jadi saya lupa mau tanya soal kuda. Mereka enggak punya kegiatan berenang, sebab menurut si mbak, hari-hari anak didik sudah cukup panjang di sekolah.

Playgroup aja waktu belajarnya dari Pk 07.30-Pk 14.00. wahh. Ada catering dari sekolahh, tapi dibawakan bekal juga gak masalah. Tapi enggak ada waktu tidur siang. Itu playgroup-TK. Kalo SD sampe jam 16.00 katanya. Wuiiiihhh lama juga ya disekolahan. Hehe..

Kegiatan agamanya terpusat di hari Jum’at, meski sehari-harinya juga dibiasakan dengan berdoa, shalat bersama dll.

Tapi yagitu, saya kurang sreg, karena keliatannya engggak rapi dan enggak terawat.

2. Sekolah Alam Bekasi (SASI)
Jl. Raya Hankam Jatirangon No.99, Jatisampurna Bekasi. Telp: 021-8440170
http://www.sekolahalam-bekasi.com

sama aja dengan SANI, si SASI ini juga susah ditelepon. Bahkan sampe terakhir, telepon saya enggak juga diangkat. Hishhh..

dan letak sekolah ini lumayan jauh nya dari rumah saya yang di daerah Galaksi.
Akhirnya saya mengandalkan GPS. Dan mbak-mbak yang ngasih arah di GPS itu, menunjukkan jalan lewat jati asih. Luruuuuuuusssss terus ke arah Pondok Gede. Dan taraaaaa sampailah ke jl raya hankam.

Udah berasa jauuuuuuhhhh banget menyusuri Jl Raya Hankam, kok ya gak sampe-sampe juga. bingung banget. Kemudian nanya sama tukang gorengan. Dan jawaban si bapak cukup mencengangkan:
“Jalan Hankam Jakarta apa Bekasi mbak? Hah? Jatiranggon? Yah itu mah masih jauh tuh disana ada 5 km lagi deh. Sini masih Jl Raya Hankam Pd Gede. “

Towawwww…ahahahaha. Jadi Jl Raya Hankam ini adalah jalanan panjaaaaaaaaaaaaaannggggg banget. Ujung ke ujung ya namanya jalan hankam. Menarik ya? Heuuuhh..

Untungnya, setelah itu kami berhasil juga menemukan SASi, yang letaknya di seberang masjid Wali Songo.

Tapi, kesan LUAR BIASA berbeda saya dapatkan di sekolah ini. BAGUS! Rapi. Bersih. Bentuknya kaya taman kota yang terawat. Bayangkan Taman surapati atau Taman Langsat yang sekarang. Nah persis.

20140110_125840

Cuma memang pohonnya masih kurang rimbun dibanding SANI, jadi panasnya bekasi masih berasa. Hehehe…

Kesan menyenangkan berikutnya saya dapatkan dari mbak penerima tamunya. Awalnya saya udah mau ngomel karena telepon gak diangkat-angkat. Sayangnya, dia berhasil mengambil hati saya karena keramahannya yang luar biasa. Hihihi..

20140110_130016

Dia menjelaskan soal SASI secara jelas dan banyak informasi yang bisa saya dapatkan. Jadi saya Cuma nanya satu kalimat, jawabannya ada 100 kalimat. Lengkap. Hehe..tipikal narsum yang memudahkan *eh

Di sekolah ini, fasilitas bermainnya juga banyak dan lengkap. Kelasnya juga di saung-saung tanpa AC. Ada green lab—tempat mempraktekan menanam bunga-buah dll. Banyak kegiatan outbond, fasilitas komputer yang juga lengkap. Sayangnya, SASI menghapuskan playgroup sejak tahun ajaran ini. So, Cuma TK dan SD.

20140110_130124

Untuk TK, jumlah yang harus dibayarkan adalah: pendaftaran Rp 400 ribu. Uang pangkal Rp 3,7 juta. Uang tahunan Rp 2.750.000. seragam outbond dan rompi Rp 400 ribu. SPP Juli Rp 450 ribu. Totalnya: Rp 7,7 juta.

Untuk SD dari murid yang tidak berasal dari TK SASI: Rp 19.150.000 dan Rp 15.050.000 bagi siswa yang berasal dari TK SASI. Hahaha lumayan banget ya? Hishhh..itu jumlah untuk tahun ajaran 2014/2015.

Ini semua diluar biaya outing, ekskul dan makan siang. Sebab kegiatan belajar mengajarnya berlangsung sejak Pk 08.00-12.00 untuk TK dan sampai sore untuk anak SD. Kurikulumnya mengikuti kurikulum kementerian pendidikan, jadi untuk melanjutkan ke SMP nanti, enggak perlu ujian persamaan. Karena ujiannya juga sama. Yang beda hanya penerapan cara pengajaran materinya.

20140110_130517

Saya sukaaaaaaaaa banget sama sekolah ini. Kegiatan agamanya juga banyak. Ada hapalan surat (tahsin-tahfidz), kegiatan membaca al matsuraat tiap pagi, sholat bersama dll. Lalu, satu kelas dibatasi hanya 24 siswa untuk SD dan 10 siswa untuk TK. Mulai tahun ajaran 2015/2016, menurut si mbak, untuk SD akan dibuka 2 kelas tiap angkatan. Jadi ada kelas A dan kelas B. Maka, penerimaan siiswa bisa lebih banyak.

Ya tapi seperti sekolah favorit lainnya, pembelian dan pengembalian formulir untuk tahun ajaran 2014/2015 harus sudah dilakukan 1 desember 2013-28 februari 2014. Bah. Setelah itu ada kegiatan sit in, untuk siswa nya. Semacam trial. Nanti ada juga dialog antar orangtua dan pihak sekolah. Jadi ini untuk memastikan bahwa siswa tersebut memang cocok di sekolah alam. disini juga inklusi loh, ada kuota untuk anak berkebutuhan khusus.

Oh. Saya jatuh cinta sama SASI. Semoga nanti ada rezekinya Abib ya bisa sekolah SD disana. Tapi untuk playgroup dan TK sih, yang deket2 rumah aja deh, kalo ke SASI, yang ada kesiangan terus nanti. Hehehe
Ohya, si mbak sudah kasitau juga, sebenarnya ke SASI enggak jauh dari galaksi…..kalo naik tol jorr. Saya masuk dari pintu kalimalang kemudian keluar di jatiwarna, kemudian belok kiri, enggak sampe 10 menit, sampe deeeeh…hahaha. *toyorpala

20140110_130402

Semoga review ini berguna yaaaa buat yang tertarik sama sekolah alam.

29 responses »

  1. Aduuuh,mkasih banget infonya bu.. Saya mau banget buat puti.. Memang lagi pusing2nya nyari sekolah krn puti anaknya aktif banget n suka dg eksperimen.. Tq infonya ya bu, insya Allah besok saya segra meluncur ka SASI..

  2. keponakanku ada yg sekolah di SANI, menurutku mahal sih,dengan fasilitas yg didapat hanya segitu aja, tempat bermain sedikit,kotor dan tidak terawat
    sangat jauh berbeda dengan SASI,dengan biaya yg hampir sama,fasilitasnya jauh lebih lengkap dan bersih

  3. Sasi itu yg sekolah ayah edy bukan bund? Cari sekolah edy katanya ada yg d jatiranggon kranggan..

  4. Infonya bagus banget mba… Apa baru dua sekolah alam aja yang didatengin di bekasi… Soalnya aku juga lg nyari khususnya yg dkt rumah biar bs kejangkau… Rumahku di bekasi timur… Btw waktu tanya soal biaya, sebenernya itu bisa dicicil nggak sih mba soalnya kan lumayan banget itu ya… Trims -ashma-

  5. terimakasih atas review 2 sekolah alam ini. hehe.. saya jadi tau mau obsernya kemana. makasih juga buat petunjuk jalannya 😀

  6. coba cek nassa mba, nasional satu,kampus A di bojongnangka,yg B di jl. rambutan,pondok melati. ada outdoor learning nya,ga murni sekolah alam. tapi bagus kok, bisa cek juga web nya nassaschool.com

  7. assalamualaikum wr.wb
    maaf sebelum’a saya mau nanya apakah di SD ALAM PERTIWI yang di cimuning sedang ada lowongan untuk guru/staf btata usaha???
    mohon infonya.
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s