Maluku Trip: Day 4

Gallery

Hari terakhir.

Kami berangkat jam 6.30 pagi untuk nyobain sarapan nasi kuning yang, menurut Om Adin, paling enak. Bahkan, biasanya jam 7 pagi sudah habis. Luar biasa ya.

Dan saya sarapan nasi. Hahaha langka nih. Gapapalah ya, sekali-sekali.

Nasi kuningnya memang enak, rasanya rempah gulimpah banget. Kaya kari. Tambah lauk tahu, dan ikan. Saya juga nyobain nasi kelapa (nasi uduk dengan taburan serundeng kelapa yang agak pedas) plus kue ampas terigu. He? Ampas? Hahaha..iya roti bulat sebenernya. Tapi pake gula merah, kayu manis dan kelapa. Enak banget asli!

(foto dari ocha)

Mana hujan pula, jadi enak banget kan anget-anget. Rencana awal mau ke pantai lain dekat-dekat natsepa, tetapi karena hujan, yasudahlah ke natsepa aja. Ini mah Cuma buat nyenengin Abib, karena kasian kan anak itu ke Ambon pengen ke laut. Masa Cuma sekali main airnya.

Natsepa pagi-pagi hujan masih sepi betul. Tapi sayang, pasirnya agak kotor karena, katanya, semalam habis ada acara. Jadi petugas sedang sibuk bebersih.

DSCF5479

Gapapalah, karena airnya sih tetap bersih dan enak buat berenang. Saya mah motret aja. Karena gak boleh kena air dulu. Huhuhu..

DSCF5427

Ngiri banget liat poe, abib, resna dan aleya asyik berenang. Pengeeeen banget nyebur. Jadi, kata Resna, disanalah tempat dia belajar berenang saat masih bersekolah di Ambon. Karena laut di Maluku memang beda dengan laut di pulau jawa atau Lombok. Disana airnya tenang dan gak berombak. Tidak cocok untuk surfing, tapi sangat nikmat buat berenang. Duh kepengen banget berenang. Ah sedih.

DSCF5413

Mereka main air selama satu jam lebih sampe kedinginan. Nah, yang dahsyat adalah setelah berenang, ada duren dan kelapa segar. Mereka sarapan duren!! Het. Hhahahaha..

Tu duren bentuknya kecil-kecil, tapi mereka bilang enak banget. Dan harganya Cuma Rp 15 ribu aja per buah. Lagi musim, katanya. Si abib sampe habis 6 biji. Eh apa sih nyebutnya kalo duren ya? Ya 6 potong lah. Kuat banget anak itu makan duren, emang. Saya sih menikmati air kelapa segar langsung dari batoknya yang muwanis, sambil ngemil buah langsat sisa kemarin. Segar banget deh.

DSCF5494

DSCF5509

Di perjalanan pulang sempat mampir ke tempat jual ikan asap. Dan beli beberapa buat tambahan oleh-oleh. Sudah itu. Beberes dan siap pulang. Kami naik pesawat yang jam 14.40. perjalanan dari Hotel makan waktu 45 menit. Jadi masih sempat mampir buat makan siang ikan bakar dan colo-colo.

20160417_132958

Jam 16.00 WIB, sudah sampai di Jakarta. Dan disambut hujan deras juga. Wah dari pagi kena hujan terus. Meski rasa segarnya beda banget. Hehehe..

Maluku itu indah betul, teman-teman. Bener deh. Nyaman dan semua makanannya enak. Udaranya segar, orangnya ramah-ramah, penuh jiwa berkesenian, dan bikin betah.

Sekarang saya jadi bisa menjawab kekhawatiran orang tentang Ambon yang lekat dengan cap rawan konflik. Tidak perlu khawatir. Langkahkan kakimu ke tanah Beta. Temukan ketenangan dan kebahagiaan disana. Tidak ada konflik, tidak ada perpecahan, tidak ada pertumpahan darah.

Satu-satunya yang perlu dikhawatirkan hanya…IKAN BISA. Hahahaa..

Karena eeeniwei, sampe sekarang, satu minggu setelah balik dari Ambon, kaki saya masih bengkak. Dan masih suka terasa nyeri. Memang bengkaknya sisa di punggung kaki aja, yang dibetis dan di telapak sudah mengempis. Tapi kalo lagi capek, suka kencang.

Jadi kalo saya baca-baca dari blog orang (kebanyakan sih orang australia), rata-rata mereka dirawat di rumah sakit sampai satu pekan setelah disengat. Sementara saya udah dipake nyetir aja, huahahahhaha..macam kaki dari baja.

Mau ke dokter lagi, tapi dari semua bahan bacaan, treatment yang saya lakukan sudah benar. Jadi, sekarang saya sering oles2 daun binahong (makasih bungaaa) buat nyembuhin luka, plus lavender. Minum madu yang banyak dan istirahat ngelurusin kaki. Semoga lekas sembuh deh kamu, kaki!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s