(Review) PlayGroup Wilayah Grand Galaxy dan sekitarnya

Gallery

Selamat datang, yasmina, di kegalauan terbaru dari kehidupan seorang mamak newbie.

Galau..memilih…sekolah..bocah.

Ok, ditempat tinggal saya, di Kota Bekasi bagian selatan, tepatnya di sekitar perumahan grand galaxy city, ada begitu BANYAK sekolahan playgroup. Asli banyak. Saya sampe bingung. Haha..

Persyaratan saya sih sejak awal, mau masukin Abib ke Playgroup yang islami, metodenya bermain dan dekat dengan alam. a.k.a banyak beraktivitas di antara rumput, pepohonan, sinar matahari, hujan, pokoknya outdoor. Jangan diem aja di ruangan AC.

Sebenarnya ada dua opsi sekolah yang bisa memfasilitasi keinginan saya tersebut, di Bekasi ini: Sekolah Alam Bekasi(sasi) dan Sekolah Natur Islam Bekasi(sani). Tapi jaraknya agak jauh ya kayanya, saya juga belom survey sih, tapi liat dari alamatnya, nampaknya butuh waktu sekitar 30-40 menit ya untuk sampe kesana. Kasian Abibnya..

So, sejauh ini, saya udah survey LIMA playgroup yang jaraknya 5-10 menit dari rumah. Inilah review saya…jeng jeeeeng…

1. Cikas Islamic School : Perumahan Taman Cikas blok B 9 NO 10, Pekayon Bekasi Selatan. Tlp: 021-82401947. Web: http://cikasislamicschool.blogspot.com/

Ini adalah sekolah bocah yang paling dekat dari rumah kami. Kalo jalan kaki sekitar 10 menit, naik motor yaaaa…5 menit lah. Letaknya di komplek sebelah soalnya.

Diliat dari gedungnya sih lumayan ya, rumah yang disulap jadi sekolah. So, bukan ruko. Dia punya halaman bermain outdoor dan indoor. Ada kolam ikan, ada playground berbagai permainan. Ada kolam pasir juga.

Satu kelas 10 orang dengan 2 guru. Sekolah dari jam 8-11 pagi. Sepekan tiga kali. Ada istirahat sekali, ada makan snack sekali, setelah itu sikat gigi bersama-sama. Sekolahnya bersih, dan nyaman.

Untuk preschool, bayar masuknya Rp 4.325.000. tapi katanya, itu bayaran taun kemarin, taun ini ada kenaikan 200-300 ribu. Itu sudah termasuk seragam 3 stel, infak pendidikan, infak bangunan, plus SPP bulan juli. SPP perbulannya Rp 275 ribu. Gak tau ya setelah kenaikan. Bisa dicicil 4 kali.

Tapi yang bikin enggak sreg buat saya adalah:

– Kolam ikan terbuka gitu aja didepan saung, di hall bermain anak2. Mengingat anak saya yang hoby banget nyemplung ke kolam apapun, bahkan kubangan kotor sisa ujan, saya aga khawatir ya. Heu..

– Enggak punya kolam renang sendiri di sekolah, tapi ada kegiatan berenang. Jadi mereka akan berenang ke kolam renang umum, dan ini bikin saya agak ngeri, takut gak keawasan.

Plusnya:
– Letak sekolah didalam komplek perumahan, jauh dari jalanan rame. Jadi, lebih aman ya keliatannya
– Bayarannya lumayan ya, gak terlalu mahal seperti yang lain2nya.

2. Kiwi Primary School: Jalan Pulo Ribung Raya Blok AR 1 Kav. 17-18 Grand Galaxy City. Tlp: 021-82429978. http://mykiwischool.blogspot.com/

Nah, ini pure sekolah RUKO. Hehe. Letaknya adalah di ruko dekat bus trans galaxy biasa mangkal.
Saya waktu itu sebenarnya iseng aja masuk, karena pas mau nunggu bis. Sebenernya sih aga kurang minat kesini, karena tempatnya di ruko.

Dan benar aja, sekolah ini enggak punya halaman bermain outdoor. Jadi bentuknya semacam playground di mol. Mainan bocah dalam ruangan AC. Playgroupnya dibawah, TK nya diatas. Tempatnya juga keliatan kurang bersih, debuan dan lembab banget. Saya aja langsung bersin2 hehe.. Gurunya ramah-ramah sih, dan sekolah ini free trial everyday loh.

Saya lupa ya, bahasa pengantarnya inggris apa indonesia. Tapi mereka memanggil gurunya dengan miss, mrs dan mr. Kayanya bahasa inggris deh. Ini juga sekolah dari jam 07.30-10.30 pagi.

Waktu itu saya survey kesana bulan Oktober 2013. Tarifnya, Rp 5,3 juta sudah termasuk seragam 3 stel, registrasi, admission fee dan bayaran SPP satu bulan. Ohiya, SPP nya Rp 450 ribu sebulan. Sekolahnya sepekan tiga kali.

Ini jelas bukan pilihan saya karena tidak ada playground outdoornya. juga gak berbasis islam sih, kan saya
pengennya sekolah islam. Lagipula letaknya di pinggir jalan besar, scary.

3. Tunas Jakasampurna Preschool: Jl Galaxy Raya B 296 Jakasetia Bekasi. Telp: 021-8207932. http://www.tktjs.co.cc

Nah, sekolah hits ini, baru aja saya survey hari ini. Tadi pagi, pas ujan lagi romantis-romantisnya. Sekolah ini lumayan mewah ya. Admission fee nya aje Rp 7 juta. Ini poin yang tadi pagi bikin saya melek sejadi-jadinya. Gusti.
Itu diluar uang formulir, spp sebulan, uang BUKU, praktek, event dan test finget print. Totalnya Rp 9,2 juta. Sampe akhir januari lagi diskon sih, jadi Rp 5,8 juta. Ckckck..tapi tetap sih, itu diluar uang seragam yang biasanya 3 stel: Rp 300 ribu-an. SPP nya sebulan Rp 600 ribu.

Ok. Ada uang BUKU. Saya tadi sampe bingung dan nanya. “Playgroup buku apaan bu?” kata dia “Oh iya, disini memag sudah dimulai sejak awal belajarnya. Bertahap sih, tapi kita tetap belajar dengan menggunakan buku” well…

Jadi dari KB akan dimulai pengajaran calistung dan teman-temannya. Ini bikin saya gak sreg.

Gak sreg kedua, datangnya dari kolam renang gede ditengah ruangan. Serba salah ye Yasmina, maunya apa, gak ada kolam renang gak sreg, ada kolam renang gak sreg juga. hahaha… gak sih, soalnya tu kolam bener2 terletak ditengah ruangan. Tanpa pagar pembatas. Tadi aja abib udah langsung mau lompat kedalem kolam.

Tapi bagusnya, sekolah ini bahasa utamanya tetap bahasa indonesia. Ada ekskul bahasa inggris satu hari. Sekolahnya luas, ada area bermain outdoor dan indoor. Bersih, rapi, dan nyaman. Kelasnya juga nyaman.

Tunas ini, meskipun sekolah umum, tapi juga punya kegiatan keagamaan. Jadi acara seperti tahun baru islam, maulid nabi dll juga difasilitasi. Pelajaran agama pun diberikan. Lalu, jam sekolahnya juga siang, dari jam 10-13 siang. Cocok sih buat si Abib yang ga bisa bangun pagi. Hahaha..

Cuma ya itu:
– Bayarannya mahal
– Kolam renang terbuka
– Playgroup aja pake buku
– Letaknya di pinggir jalan besar dengan pintu yang terbuka, ngeri aja kalo tiba2 abib ngeloyor keluar.

Jadi kayanya saya skip.

4. Playgroup dan TK Islam Fitria 3: Jl Bulan No 24 Jakasetia Galaxy Bekasi Selatan. Telp: 021-8228656. http://www.kbtk-fitria3.com

Sebenarnya ini adalah playgroup incaran saya pertama kali. Soalnya tetangga sebelah, yang sekarang anaknya udah kelas 2 SMP, juga dulu TK nya di Fitria. Trus baca reviewnya di internet juga bagus2.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

So waktu Oktober dulu iseng liat sekolahan, pertama kali yang saya datengin ya Fitria. Apalagi jaraknya juga dekat ya dari rumah. 10-15 menit deh dari rumah. Bisa anter Abib naiik sepeda. hehee

Dan memang langsung suka sih sama sekolahnya. Bersih, rapi, nyaman. Satu kelas 10 orang dengan 2 guru. Di kelasnya juga selama pelajaran, tidak duduk dikursi, tapi duduk melingkar bersama-sama di atas karpet. Belajar dari jam 8 sampe 10.30 pagi. Ada makan wajib dari sekolah, Rp 6.500 per hari.

Ada ekskul berenang, dan ada kolam renangnya di sekolah. Tapi aksesnya tertutup, kalau tidak sedang digunakan. Jadi dari pagar depan, dikunci, begitu juga dari pintu dalam. Aman kan. Hehe..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sekolahnya cukup luas, dan bukan ruko. Ada area bermain outdoor dan indoor. Bahasa utamanya, bahasa Indonesia dan ada ekskul bahasa inggris. Eskulnya juga variatif sih, dari iqra, melukis, sempoa, menari, dan drumband.

Bayarannya relatif lah. Untuk tahun pelajaran 2014/2015, formulir pendaftaran Rp 100 ribu. Uang pangkal Rp 5,5 juta (bisa diangsur selama 3 bulan), ini meliputi infaq bangunan dan pendidikan selama satu tahun, seragam 3 stel, macam2 kegiatan yang ada disekolah selama 1 tahun. Tapi diluarkegiatan outing yaaa…

Ini juga belum termasuk SPP juli. Dan SPP perbulannya adalaH Rp 500 ribu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

5. Sekolahku Rumahku Al Fajri: Jl Cemara I no 2, jaka Permai Bekasi Barat. Telp: 021-8843067. http://www.sekolahalfajri.blogspot.com

Nah!
Semalem tuh lagi iseng gugling. Tau2 ada lagi review soal Al Fajri. Ini sekolah dari playgroup sampe SMP. Dan tagline nya: “sekolahku Rumahku”

Karena memang suasanya nyaman senyaman dirumah sendiri.

alfajri

Ini adalah satu2nya sekolah yang bikin saya galau sama Fitria. Karena kemarin, setelah kunjungan kedua kalinya ke Fitria, saya udah mantep banget milih sekolah itu.

Gak taunya, saat tadi pagi liat Al Fajri. OMG. Ini sekolah enak banget siiihhh…
Gak usah nanya abib nya betah apa gak, dia mah kemana aja asal ada anak kecil dan mainan udah pasti betah aja. Hehehe..

Jadi ini rumah yang BESAR banget, dan dijadiin sekolah. Aduh gimana ya jelasinnya. Nyamaaaan banget. Halaman depannya itu outdoor penuh mainan bocah, trus pas masuk, tapi dan bersih banget. Sepatu anak-anak semua berjejer rapi di rak sepatu. Kemudian ada meja pendek ukuran cukup besar untuk berkegiatan. Masuk kedalam lagi, ada dapur dan ruang makan dengan meja pendek untuk anak-anak.

Jadi, anak playgroup dan TK belajarnya di lantai bawah. Sementara SD dilantai atas. Kecuali olahrahga.

Tidak ada ruangan kelas, untuk playgroup, di sekolah ini. Jadi ruangannya tidak dibatasi apapun. Bentuknya kaya les privat dirumah sendiri aja. Tidak ada sekat sama sekali. Ini sebenarnya asik dan keren sih. Tapi ini buat saya jadi kekhawatiran, sebab Abib kan ngejelimet tuh, jumpalitan aja gak bisa diem. Jadi saya khawatir, kalo sekolah disitu nanti dia malah lompat dari kelasnya ke kelas lain,…

Saat saya ungkapkan kekhawatiran ini, gurunya bilang “Banyak kok yang gak bisa diem, tapi akhirnya mampu beradaptasi juga, tenang aja bu”. Disini juga untuk playgroup gak ada eskul berenang yang wajib, tapi kalo mau, ya bisa aja. Digabung sama anak TK, dan berenang di persada kemala. Tempat saya biasa berenang. Kolam renang umum, kekhawatiran kedua.

Sekolah ini tempatnya enak, di hook dan dalam komplek. Jadi aman lah, jauh sama jalanan.
Ada makan siang bersama, dan bawa bekal masing-masing. Tapi ada satu hari sepekan, sekolah mewajibkan orangtua murid memasak untuk seluruh siswa di kelas anaknya. Hahaha..seru ya? Duh saya pasti seneng deh..

Ok. Kekhawatiran ketiga saya adalah saat melihat list harganya. Huahahahaha. Uang pangkalnya Rp 6.875.000, belum termasuk SPP Rp 670.000 dan uang kegiatan Rp 780.000. *glek ini juga belum termasuk uang seragam. Tapi sih pake seragamnya Cuma hari senin. Rabu baju bebas, jumat baju muslim.

Sekolahnya berlangsung dari jam 8-11 pagi. Sekelas maksimal 10 orang dengan 1 guru. Tapi enaknya, untuk playgroup disini, gak harus nunggu tahun ajaran baru (bulan Juli), bisa masuk kapan aja mau. Dan si Abib juga langsung bisa berbaur sama anak-anak playgroup nya yang lagi main. Karena mereka manis-manis, gurunya juga manis-manis.
Maka Al Fajri adalah sumber kegalauan saya memilih.

alfajri2

Euh, sebenernya di Galaksi ini msh ada MIS, Town for kids, harapan mulia dan unity kids. Tapi karena sekolah umum kayanya saya skip. Cuma kapan2 kalo sempet mau deh mampir, buat direview aja. Hehe..

Oh iya, rencananya jumat saya mau ke Sasi dan Sani. Iseng aja sih mau liat dan mau ngukur jarak. Kayanya bukan untuk playgroup dan TK, tapi buat SD. Karena kata Poe, saya harus sudah bisa memperhitungkan pendidikan Abib sampe SMA, kalo kita enggak jadi kabur ke Melbourne. Hehehe..

Visioner banget emang ini suami. Bikin pala istrinya pening aja.

Tapi emang ya, bayaran sekolah ini mahal sekali subhanallah. Saya enggak nyangka. So, buat para newbie lainnya, sebaiknya nabung sejak dini. Karena uang pangkal akan selalu naik setiap tahun.

WASPADALAH!!!

15 responses »

  1. Hai Mbak Yasmina, kebetulan aku juga tinggal di Grand Galaxy City, jadi anaknya sekolah dimana mbak ? aku lagi mencari utk anakku juga.

      • Hai mba Yasmina Salam kenal, mau tanya, kalo di fitria daftarnya harus tahun Ajaran baru ga? Atau bisa di mulai Dari pertengahan kyk skrg ini. Makasih

  2. Hallo mba Yasmina,

    Reviewnya bagus dan detail bgt, saya jd tertarik dg TK Fitria. Tp sayang bgt bahasa pengantarnya bahasa indonesia. Saya sbnrnya pengen cari yg berbahasa Inggris, tertarik sm Montessori Intelligence School, tp kendalanya mahal bgt hehehe Jd bingung kl begini.

  3. Hallo mba yasmina,

    saya juga lagi galau menentukan playgroup untuk anak saya (arkan) nantinya..hehehe, kemaren saya baru sempat intip-intip sebentar di fitria, karena mau trial ke rumah kepik..
    dan masih bingung antara rumah kepik dengan fitria..
    mba yasmina udah pernah trial di fitria? mereka trialnya katanya sabtum dan udah ga ada sesi trial lagi, hiks…..
    jadi tetep dan makin bingung

    • hihihihi…
      saya belom pernah sih trial. karena prosedurnya agak ribet, jadi bismillah aja

      karena pilihan playgroup saya jadi mengerucut ke fitria atau al fajri. sementara al fajri mahal banget. so, saya tetap milih fitria. sebab kan saya cari yang basicnya islam…

      hehehe…

    • Dear mom lusy,
      Bole mnta review n kesan nya di rumah kepik dong….kbetulan mo masukin si sulung disana…pls help…thanks

  4. Halo mba yasmina..
    Reviewnya pas bgt sama yg aku cari2. Aku tgl di sekitar galaxy dan cari KB islam juga. Anakku baru 16 bulan sih tp udah mau cari referensi dr skrg. Makasih yaa mba 🙂

  5. Assalamu’alaikum mba…

    Kalau anak saya yg pertama di TK Pekayon, lalu di TK al Furqon, karena masih blm puas dengan keduanya utamanya terkait hafalan qur’an nya, makanya yg ketiga nyoba di TK Sahabat Jl. Pulo Sirih Timur Raya

    Setidaknya, setelah masuk 2016 ini, sampai dengan November hafalan sdh mencapai al Qadar, dari an Naas, … Begitu juga dengan hafalan doa-doa pilihanya, Kalau dari fasilitas memang cukupan saja

    Silahkan sebagai pertimbangan bunda2 lainya

    Tks dan wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s