Quote

Dulu,

Dari saya dan adik saya kecil, keluarga kami sering jalan2. Trip naik mobil dari jakarta ke solo. Jakarta ke jogja. Jakarta ke ciamis, tasik, garut, dll. Sampe trip naik pesawat keluar pulau jawa.

Tapi, semua itu berhenti sejak 17 tahun yang lalu.

Besok, kami akan memulai lagi trip, tapi kali ini dengan kereta. Sesuatu yang baru setelah 17 tahun tergonjang ganjing. Tambah baru karena sekarang gak lagi pergi berempat, tapi ber enam lengkap dengan mantu2.

Ada ketar ketir di dada saya. Entah over excited, atau khawatir. Semua orang selalu bilang, saya harus memberi kesempatan buat keluarga ini. Kami semua, sekeluarga, nampaknya memang wajib agar terus memberikan kesempatan buat keluarga sumiarto. Tapi, entah kenapa sekarang saya takut. Sampai gak bisa tidur.

Kami sudah terlanjur lama “terpisah” dan terakhir kali kami pergi berempat adalah 21 hari di tanah suci waktu 2006. Itu bukan momen “memberi kesempatan”, karena itu momen ibadah. Bukan liburan. Saat itu juga semua gak berjalan terlalu mulus. Meskipun gak bisa disamakan, karena niat ibadah pasti berbarengan dengan keluasan hati..

Besok, besok adalah momen yang mungkin jadi momen berharga buat saya. Pergi ke luar jakarta bareng2. Rasanya masih suka terdengar di telinga saya lantunan peter paul and mary, the beatles, rolling stones, melanie, beegees, dan queen yang biasanya kita nyanyiin bareng2 di mobil saat road trip. Rasanya gak seperti 17 tahun yang lalu, rasanya seperti kemarin. Ada sebagian isi kepala saya yang sangat seneng dan gak sabar nunggu bsk.

Tapi ada sebagian lagi yang takut..

Mungkin buat sebagian besar org, pergi dengan keluarga selalu jadi momen yang paling menyenangkan. Tapi saya bukan “family woman”, dan saya belom terbiasa dengan itu. Kami sudah terlalu terbiasa sendiri2, mungkin mama saya jengah. Mungkin mama saya takut, kalau dia mati nanti, saya dan adik saya gak merasa saling memiliki seperti waktu kecil. Mungkin mama saya takut, kalau dia mati nanti, saya lupa kalau saya masih punya papa..

Hari ini, saya udah siap barang bawaan. Saya juga udah nyiapin barang2 kucing2 buat dititipin. Saya udah ngajuin cuti 2 hari. Saya udah nyiapin semua yang perlu saya siapin. Sekarang waktunya nyiapin mental dan keyakinan.

Mungkin bener, saya cuma harus percaya. Percaya bahwa saya bener2 masih punya keluarga…

Posted with WordPress for BlackBerry.

Liburan..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s